Nutrisi Saat Kehamilan

Nutrisi Saat Kehamilan

Keluhan Yang Sering saat hamil
Saat hamil awal nafsu makan meningkat.

Gerakan usus atau motilitas lambung menurun, agar makanan dapat terserap maksimal. Produksi motilin (perangsang gerak usus) dan asam lambung berkurang. Makanan yang biasanya menempuh 52 jam dari lambung ke cecum (ujung usus halus) menjadi 58 jam.

Ngidam adalah mitos yang bersifat individual dan kultural. Itu kenapa setiap orang ngidam nya berbeda. Beda negara, beda juga ngidamnya. Ngidam adalah hasil dari meningkatnya nafsu makan saat hamil muda, dan berhubungan dengan kemungkinan kurangnya nutrisi ibu hamil.

Mual dan muntah berlebihan dapat menyebabkan kehilangan cairan yang banyak sampai 1-2 L/hari. Dehidrasi termasuk berbahaya, sehingga perlu perawatan di Rumah Sakit.

Pantang Makanan dan Minuman
Sebenarnya tidak ada jenis makanan pantangan, tetapi sayuran mentah, daging dan telur, apapun yang setengah matang, susu yang belum dipasteurisasi (sterilisasi) dihindari karena mengandung Salmonella Typhosa, Eschericia Coli hingga Toxoplasma. Sehingga masaklah dengan matang, jangan setengah matang.
Selain itu bagian atau organ Hati binatang mengandung Vitamin A yang tinggi, perlu dibatasi.

Hal ini diiringi perilaku selalu cuci tangan sebelum makan. Apalagi setelah menyentuh tanah, atau binatang peliharaan. Mencuci tangan akan menurunkan risiko penularan organisme ke dalam tubuh anda.

Kalau ikan?
Ikannya sendiri tidak berbahaya, tetapi merkuri yang mencemari laut dapat pula terdapat pada ikan. Sehingga konsumsi ikan dibatasi. Makin lama seekor ikan hidup/usianya makin banyak timbunan merkuri ditubuhnya. Lebih lengkap tentang ikan, disini

Sekilas saja, maksimal 1 kg ikan seminggu adalah batas maksimal yang dapat dimakan. Dan ikan-ikan tertentu dengan kandungan merkuri rendah semisal udang.

Selamat untuk kehamilannya ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s