Surfing, the lifesytle sport

Surfing, the lifesytle sport

Surfing alias selancar, sama seperti olahraga lain membantu badan tetap fit, dengan sebuah efek tambahan yaitu lifestyle. Lifestyle sendiri adalah sebuah hal yang intangible tak kasat mata tetapi nyata. Lifestyle adalah salah satu bentuk perilaku sosial manusia, sebagai makhluk sosial.

Lifestyle berasal dari hal-hal yang orang lain belum tentu bisa. Namun bukan hanya itu saja manfaat surfing. Bahkan lifestyle hanya hal kesekian. Hal lain yang merupakan manfaat surfing:
1. Kardiovaskuler. Tau kan, jaman sekarang semakin maju, penyakit yang mematikan pun berubah. Stroke, Jantung, Diabetes kini menjadi penyakit yang mematikan. Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Paddle atau mengayuh saat surfing merupakan pelatih jantung dan pembuluh darah anda.
2. Bahu dan punggung anda akan menjadi kekar dan kuat. Studi menunjukkan wanita cenderung tertarik pada lelaki shape segitiga terbalik, atau bahu yang kokoh dan kekar.
3. Kaki dan batang tubuh yang kokoh. Efek dari kemampuan kekuatan menjaga keseimbangan berdiri di papan selancar dengan ombak yang menggoncang.
4. Alam. Mendekat ke alam. Tidak kah anda jenuh, hidup selama ini berkutat di mall, dan bioskop?
5. Untuk anda yang jenuh dengan pekerjaan, ini adalah sejenak nafas kebebasan. Lepas dari stres dan pikiran. Hanya anda, papan, dan ombak. Ouch…. Sekali merasakan, selalu ingin kembali..

Mengingat jarak kota Jogja yang relatif jauh dengan surfing spot (25 km ke Parangtritis atau 100 km ke Pacitan), maka sangat efektif jika mempersiapkan tubuh terlebih dahulu sebelum melaut. Berikut beberapa persiapan sebelum surfing. Terutama untuk anda yang modalnya nol. Belum bisa apa-apa.
1. Berenang.
Surfing berhubungan dengan air, dan tentunya laut. Sehingga hampir diwajibkan untuk dapat berenang. Gaya yang bermanfaat adalah gaya bebas. Karena nantinya akan anda gunakan untuk paddling atau mengayuh.
Seingat saya 4 tahun lalu, kursus berenang cukup membayar 400 ribu akan diajari satu gaya sampai bisa.
Ini beberapa info renang di jogja:
– Renang di UNY
Rahma : 085643206884 / 085643671719
Harga 250-270 ribu per bulan. 8x pertemuan @1 jam
– Suryaputran
JL. Suryaputran No. 28 Panembahan Kraton, Yogyakarta
E-mail : jupiter_planetarium@yahoo.com
Mobile : 081392871985
Phone : 0274-377209
Harga 400 ribu sebulan, 10x pertemuan
catatan: kolam renang UNY sampai 21.00. Andai ada yang lebih malam, saya tertarik.

2. Keseimbangan.
Hal ini diperlukan saat berdiri di papan selancar. Sampai saat ini, sayapun hanya berhasil 1 kali berdiri dipapan, itupun hanya beberapa detik sebelum jatuh tergulung ombak. Saya sadar, saya kurang fit, dan kurang agility. Kedepan saya berencana memperbaiki teknik dan stamina renang, serta join dengan klub skateboard dijogja, agar mampu memperbaiki keseimbangan. Tidak perlu teknik aneh-aneh saat berskateboard, yang penting berdiri seimbang bertumpu dikaki belakang.
Klub skateboard jogja:
– longboard jogja
Andre ‪081391444405‬

3. Fleksibilitas
Untuk anda yang berusia 40 tahun lebih, mungkin telah mulai berkurang kelenturan dan fleksibilitas badan. Yoga dikatakan membantu fleksibilitas. Kelenturan akan membantu anda merubah posisi dari berbaring mengayuh diatas papan, menjadi berdiri seketika untuk berkendara diatas papan mengikuti laju ombak.
Klub yoga jogja:
– Balance Mind Body Soul
info@balanceyogajogja.com
Studio 1
Komplek Hotel Puri Artha, Jl. Cendrawasih 36
Demangan, Yogyakarta, Indonesia
Phone : 0274 7424925 / 0857 299 70007
– sangam house
Harga persekali datang Rp 40.000,- atau bisa beli paketan klo ga salah ingat Rp 150.000 (4kali).
Jadwalnya bisa jam 16.00 atau 18.00 setiap hari senin-jumat (yg saya biasanya)
Lokasi deket pombensin jakal km6 yang pizzahut. Masuk.
– katanya ada kelas yoga 10 ribu sekali datang, besok saya survei dulu

Ringkasan
Untuk dapat surfing dan menikmati manfaatnya, memang tidak hanya seperti sebuah liburan. Hanya berangkat begitu saja. Anda perlu setidaknya papan selancar (bekas, sekitar 1 juta rupiah. Sewa sekitar 50.000/jam). Renang, yoga dan skateboard setidaknya memakan 6 jam anda dalam seminggu (2x seminggu @1 jam untuk masing-masing). Kemudian diakhir minggu, anda dapat mencoba bergelut dengan ombak di parangtritis, atau menginap dipacitan dan 2-3 harian surfing.

Huff, saya sendiri telah lama meninggalkan ombak dan papan. Sebelum akhirnya hari ini menyentuh kembali sebuah papan disebuah toko perlengkapan surfing… Saya rindu kembali…

Mari melaut!

Nb:
Les surfing jogja
Dolphin Parangtritis Surf Community | surf lesson | surf trip | Parangtritis beach | and Tourism. Cp. +622225278380.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s