Siapkan Dana Pensiun Sekarang Juga

Siapkan Dana Pensiun Sekarang Juga

Waktu berlalu. Tanpa sadar tiba-tiba sudah 50 tahun usia anda. Inilah saatnya, sesuatu yang dulu terasa jauh diujung lorong, menjadi nyata. 5, 10, 15 tahun mungkin sebuah waktu yang lama. Tetapi coba pikirkan betapa cepatnya waktu berlalu. 5 tahun lalu anda dimana? Masih ingatkah?

Pada beberapa profesi atau pekerjaan, waktu kadang lewat begitu saja. Misalkan ditengah kesibukan seorang dokter ~ menjumpai pasien, membuka praktik, volunteering/non profit, menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman ~ maka prioritas menyimpan dana pensiun mungkin berada diposisi paling akhir, terlupakan. Bulan berganti tahun, baru menyadari dana pensiun anda tak cukup.

Tapi artikel ini tidak hanya untuk anda yang terlambat. Anda yang muda dan baru saja memulai karir juga. Karena, waktu adalah teman terbaik selama anda mampu memanfaatkannya. Untuk mendapatkan masa pensiun yang hebat.

Berapa banyak yang anda butuhkan?
Hal pertama dan utama yang harus diketahui (dan dihitung) adalah proyeksi kebutuhan anda dimasa pensiun. Naik, turun atau sama dengan gaya hidup saat ini? Sayang, menghitungnya tidak mudah. Ada dua hal yang dapat dilakukan: menghitung sendiri berdasar informasi di internet atau konsultasikan ke Financial Planner anda.

Tanyakan ke diri sendiri, apa yang anda inginkan saat pensiun. Dimana anda ingin pensiun, dengan gaya hidup seperti apa, cukup membaca koran di kursi taman belakang rumah ataukah ingin berkeliling dunia.

Jika anda ingin pensiun dengan gaya hidup mewah, penuh kesenangan dan menguras dana maka anda memerlukan simpanan yang besar. Jika masa pensiun sudah mendekati, dana yang perlu anda sisihkan sangat besar. Pilihan yang ada yaitu: agresif lah. Kemudian berikutnya, tengoklah asuransi anda, sudah cukup? Jangan sampai kejadian tak diharapkan seperti sakit kritis atau kecacatan menguras tabungan pensiun anda. Membuyarkan rencana pensiun anda. Cover lah risiko-risiko kejadian tak diharapkan ini dengan premi asuransi.

Waktu (yang tersisa) mungkin masih bisa diharapkan
Rencana pensiun disiapkan sejak lama. Bukan sebuah hal yang mendadak dan pendek. Jika anda berusia 50 tahun, dan ingin pensiun usia 65 tahun anda memiliki 15 tahun untuk menyiapkannya. Beruntung bagi anda yang berusia 20-30 tahun dan sudah menyiapkan. Ada waktu 35-45 tahun untuk menyiapkan masa pensiun. Beban anda lebih ringan.

Mengingat usia harapan hidup nantinya sekitar 80 tahun. Maka setelah pensiun dan TIDAK BEKERJA, TIDAK MENDAPAT GAJI, anda harus menghidupi kebutuhan selama 15 tahun. Darimana dana ini? Apa anda mengandalkan orang lain? Anak? Saudara?

Dengan sedikitnya waktu yang tersisa, maka AGRESIF lah. Jika dana pensiun tidak mencukupi, maka ini saatnya do or die. Portofolio untuk mengejar ketertinggalan setidaknya 60% saham, 40% obligasi. Strategi konservatif dengan mayoritas pada obligasi atau deposito tidak akan mampu mencukupi dana pensiun anda. Jika anda berani dan optimis, cobalah usaha riil. Tetapi berhati-hati, karena usaha riil membutuhkan skill dan perhatian. Lakukan sesuatu atau masa tua anda seperti kebanyakan manula di Singapura, yang masih harus membersihkan toilet, menjadi pelayan di McDonald walaupun telah saatnya pensiun. Jangan ragu, Indonesia pun suatu hari akan begitu.

Jika sisa waktu pensiun sebentar lagi
Nah, jika waktu sisa anda menuju pensiun lebih pendek, katakan lah kurang dari 5 atau 10 tahun lagi, menyimpan dana di saham lebih berisiko. Karena terkadang pada jangka pendek, kinerja saham negatif. Bukannya bertambah, tetapi malah berkurang aset anda. Hal yang bisa dilakukan, simpan dan investasikan sebanyak yang bisa anda simpan, lakukan sesering mungkin. Investasi harus diimbangi dengan pengetatan ikat pinggang. Kurangi konsumsi dan pengeluaran sebisa mungkin. Ini adalah harga yang anda harus bayar karena terlambat memulai investasi. Maka anda harus bekerja lebih lama, dan hidup lebih hemat. Keajaiban time value of money semakin berkurang jika waktu yang ada tinggal sebentar. Sulit untuk mewujudkan dana pensiun, tapi bukan mustahil. Tingkatkan proporsi investasi, minimalkan konsumsi.

Jika mungkin, ini saatnya pasangan anda kembali bekerja, membantu dan berkontribusi terhadap dana pensiun anda. Atau, jika ada inilah saat anda menambah jam kerja atau lembur untuk mendapat tambahan pendapatan sebelum nantinya pensiun.

Kesimpulan
Diposisi apapun, berapapun usia anda saat ini, siapkan dana pensiun anda. Karena tak ada seorangpun yang akan menyiapkannya (dengan benar) untuk anda. Kecuali anda proaktif sendiri. Penyiapan dana pensiun seberapapun sulitnya, tidaklah tepat untuk diacuhkan. Semakin muda usia dan besar dana yang anda siapkan, semakin mudah pula mencapai pensiun yang anda inginkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s