Alokasi Dana Jilid 2

Alokasi Dana Jilid 2

Bermacam alokasi dana penghasilan. Tentu saja bermacam-macam pembagian dilakukan. Tiap orang dapat berbeda persentasenya, tergantung banyak hal. Dimulai dari perbedaan gaji, kebutuhan, tujuan, perilaku, life-style

Singkat kata, rasio keuangan menyarankan setidaknya bagi anda yang mempunyai penghasilan untuk menyisihkan 10% untuk proteksi, dan 10% untuk investasi setiap bulan. 80% sisanya silakan anda pergunakan. Tetapi ingat, berapapun penghasilan anda, tetapkan 10% untuk premi asuransi dan 10% untuk investasi. Jika ada kenaikan gaji, tentu saja nominal akan naik, yang penting persentase tetap.

Setidaknya rumus ini cukup simpel jika anda belum tau bagaimana mengalokasikan dana. Anda tetap dapat menikmati hidup dengan maksimal, sekaligus terlindungi. Paling tidak dalam lindungan minimal, dan akumulasi aset investasi secara minimal. Anggaplah ini langkah awal, untuk memulai sebuah kebiasaan baru.

Kapan perlu proteksi? dan investasi? sebenarnya bebas saja. Hanya saja, paling gak jika anda sudah berpenghasilan 3,5 juta sebulan dan memiliki tanggungan anda mulai melatih kebiasaan ini. Penghasilan 2 juta perbulan sendiri masih termasuk Pendapatan Tidak Kena Pajak. Pemerintah tidak menarik pajak dari anda yang berpenghasilan 2 juta perbulan. Dibayangkan oleh pemerintah, dimasa pendapatan 2 juta perbulan kebawah akan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi investasi atau proteksi. Yang bisa dilakukan adalah meningkatkan skill, network dan prestasi agar setidaknya dapat menikmati hidup dan melindungi keluarga, serta akumulasi aset. Ini mungkin mirip dengan penghasilan kena zakat yang memiliki batas nishob.

Dengan gaji 3,5 juta perbulan, alokasi dana anda akan menjadi:
Gaji 42 juta/tahun
10% investasi dalam bentuk apapun yang anda sukai: 4,2 juta pertahun
10% premi asuransi (jiwa, cacat dan kesehatan yang utama): 4,2 juta pertahun
80% 30 juta untuk anda dan keluarga menjalani hidup

Kebiasaan adalah hal yang sulit. Sehingga dimulai dari hal yang kecil, dan sesegera mungkin.
Apa guna investasi? Tidak akan membuat anda kaya raya, tetapi setidaknya menjadi tempat penyimpanan anda melawan inflasi.
Apa guna proteksi asuransi? Menjaga jika terjadi risiko-risiko kesehatan atau kematian. Karena orang yang dipecat atau bangkrut masih bisa bekerja, sementara orang yang sakit tidak.

alokasi dana jilid 1 nya, klik disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s